Jumat, 05 Agustus 2011

Ramadhan 2011

     Hari ini sudah hari ke enam kita menjalankan puasa. Apa diantara kalian ada yang sudah tidak berpuasa?? Semoga tahun ini kita bisa full ya, walaupun bagi kalian kaum perempuan mungkin tidak bisa full puasanya. Dan pasti setelah kita berpuasa masih memiliki hutang puasa ya.

    Kegiatan apa yang kalian suka saat ramadhan tiba?? Berbagai jawaban ya tentunya. Salah satunya mungkin ada yang menjawab mengaji atau TPA. Ya, bagi anak-anak kegiatan ini merupakan kegiatan yang paling menyenangkan. Selain dapat berkumpul dengan teman sebaya mereka bisa berbuka bersama-sama. Al Ma'ruf adalah salah satu masjid yang biasanya saat bulan ramadhan melakukan kegiatan TPA. Jumlah anak-anak yang mencapai 66 anak termasuk kakak-kakak pembimbing. Jumlah yang sangat meningkat drastis dibanding dengan tahun 2010.

   Pemandangan yang biasa ketika aku berangkat, anak-anak sudah berada di mana-mana. Di serambi, di jalan, di warung. Karena tepat di depan masjid ada sebuah warung. Suara anak-anak di sana-sini, terkadang  membuat kakak-kakak pembimbing kewalahan untuk mengurus mereka. Biasanya setiap tahunnya ada soerang Uztad yang didatangkan untuk mengajar anak-anak TPA. Tapi untuk tahun ini, tidak ada uztad yang datang. Sehingga semua tugas-tugas menjadii diserahkan kepada para kakak pembimbing terutama saya.

  Kerepotan selalu kami rasakan ketika hendak berbuka puasa, ya ampuuunnnnnnnnnnnnn suara anak-anak berteriak dimana-mana memintab jatah ta'zilan  untuk buka puasa. Walaupun sebagian besar anak-anak tidak menjalankan ibadah puasa secara full. Paling kesal ketika aku mengajari anak-anak untuk membuang sampah pada tempatnya. Aku harus berteriak-teriak untuk menertibkan mereka. Apalagi kalau pembagian air minum, hmmmmmm semua orang berebut minta jatah yang banyak. Sampai kadang pusing kepalaku menghadapi mereka.

  Susahnya diatur, anak zaman sekarang, kalau diatur malah ganti mengatur kakak-kakak pembimbing. Ketika buka puasa selesai, kini giliran wudhu yang jadi masalah. Anak-anak yang banyak dan tempat wudhu yang terbatas, membuat antrian wudhu yang panjang. Mereka saling berebut untuk dapat giliran duluan. Aku terkadang tertinggal sholat magrib.

  Yaaaa,,,, begitulah suasana saat Ramadhan di TPA Al Ma'ruf...     

  INI CERITAKU, APA CERITAMU?????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar